Twitter
KARANG TARUNA TERATAI KELURAHAN TITIPAPAN

MASTER PLAN PROGRAM

Author PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA KARANG TARUNA TERATAI KELURAHAN TITIPAPAN - -
Home » » MASTER PLAN PROGRAM

MASTER PLAN PROGRAM
KARANG TARUNA TERATAI
KELURAHAN TITIPAPAN MASSA BAKTI 2012 – 2015

A.                 LATAR BELAKANG

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara berkembang yang saat ini sedang melakukan pemulihan dan peningkatan dalam berbagai aspek. Dinamika pembangunan yang baik senantiasa membawa bangsa kita pada kehidupan yang lebih baik. Namun, masalah-masalah yang saat ini menjadi sorotan banyak negara, menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dalam menentukan citra dan posisi bangsa kita di mata dunia. Mulai dari masalah Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), masalah kemiskinan, hutang luar negeri, kenaikan BBM, terorisme, perang antar etnis, Tenaga Kerja Indonesia ilegal (TKI ilegal), masalah kekerasan terhadap anak sampai pada masalah yang terbaru yaitu masalah bencana alam, dan lain-lain. Peliknya masalah-masalah ini, membuat kita harus kembali pada komitmen awal bahwa sebagai warga negara yang baik, harus memahami benar apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita.

Karang Taruna adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/ kelurahan dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. Rumusan tersebut diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:


1.         .Karang Taruna adalah suatu organisasi sosial, perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam melaksanakan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS).
2.         Sebagai wadah pengembangan generasi muda, Karang Taruna merupakan tempat diselenggarakannya berbagai upaya atau kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya generasi muda dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM).
3.         Karang Taruna tumbuh dan berkembang atas dasar adanya kesadaran terhadap keadaan dan permasalahan di lingkungannya serta adanya tanggung jawab sosial untuk turut berusaha menanganinya. Kesadaran dan tanggung jawab sosial tersebut merupakan modal dasar tumbuh dan berkembangnya Karang Taruna.
4.         Karang Taruna tumbuh dan berkembang dari generasi muda, diurus atau dikelola oleh generasi muda dan untuk kepentingan generasi muda dan masyarakat di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat. Karenanya setiap desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dapat menumbuhkan dan mengembangkan Karang Tarunanya sendiri.
5.         Gerakannya di bidang Usaha Kesejahteraan Sosial berarti bahwa semua upaya program dan kegiatan yang diselenggarakan Karang Taruna ditujukan guna mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat terutama generasi mudanya.

Karang Taruna Teratai merupakan lembaga alternatif membangun kekuatan sosial, ekonomi, budaya dan pendidikan sekaligus sebagai wadah komunikasi dan silahturahmi antar komunitas masyarakat dengan membangun kemitraan di masyarakat. dan sinergi strategis masyarakat, pemerintah dan swasta.
Agar terwujudnya pertumbuhan ekonomi diperlukan peningkatan produktivitas dan penguasaan pasar agar mampu menguasai, mengelola dan mengembangkan pasar dalam daerah melalui penyediaan sarana dan prasarana usaha yang menunjang kegitan produksi dan pemasaran; diperlukan pengembangan secara kelembagaan melalui program kemitraan usaha yang saling menguntungkan sehingga memiliki kemampuan dan daya saing pasar; mendorong pembentukan kelembagaan swadaya ekonomi rakyat seperti kelompok prakoperasi dan koperasi menjadi wahana peningkatan efisiensi, produktivitas dan daya saing pelaku usaha kecil, yang bukan hanya tinggal di pedesaan, tetapi juga tersebar dan termarginalisasi dalam kehidupan perkotaan.
Dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan,   sehingga perlu diciptakan iklim dan kondisi yang dapat mendorong pertumbuhan dan pengembangannya.
Karang Taruna Teratai merupakan lembaga nirlaba melalui Divisi – divisi Pemberdayaan Ekonomi, Pendidikan dan Pelatihan Pemuda dan Masyarakat ingin turut serta mendorong  pertumbuhan dan perkembangan sosial ekonomi masyarakat ditingkat mikro sehingga terwujudnya masyarakat yang sejahtera. dengan membuat suatu program Pemberdayaan Multi Sektor.


B.                 TUJUAN DAN HASIL

TUJUAN        :
1.      Tujuan Umum (Goal Program): Mensosialisasikan eksistensi Karang Taruna sebagai Wadah pengembangan dan pemberdayaan Kepemudaan dan Masyarakat
2.      Tujuan Khusus (Propuse): meningkatkan kesejahteraan remaja, pemuda dan masyarakat dalam berbagai bidang serta melakukan upaya  pengembangan kultur kewirausahaan, pemberdayaan sosial dan ekonomi kecil,/menengah dan diversifikasi usaha yang berkelanjutan..
Hasil Output :
1.        Meningkatnya pemahaman Warga Kelurahan Titipapan khususnya remaja dan pemuda akan manfaat Karang Taruna Teratai dalam aspek pembangunan dan pengembangan Pemuda dan Masyarakat
2.        Meningkatnya kemampuan anggota Karang Taruna Teratai dalam, manajeman, perencanaan dan pengembangan usaha yang berkelanjutan.
3.        Meningkat dan berkembangnya usaha anggota Karang Taruna Teratai
4.        Meningkatnya perekonimian kelauarga dan pemuda sehingga tercipta masyarakat yang sejahtera.
C.        SASARAN.

Sasaran Program Karang Taruna Teratai adalah dapat menyentuh secara keseluruhan pemuda dan masyarakat Warga Karang Taruna Teratai melalui Program pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat.


D.                JENIS PROGRAM KEGIATAN.
1.                  Sekertariat / Graha Karang Taruna Teratai Kelurahan Titipapan.

Fasilitas Multi Fungsi dengan Kegiatan Usaha Ekonomi Produktif dan Kerja Staff  Lembaga dsb serta dapat Di sebut Sebagai Graha Karang Taruna Teratai yang dapat menjalankan berbagai fungsi dan Kegiatan yakni :
    1. Kedai Katar   :
1.  Sampling Produk Promosi Produsen dan Penjualan Produk
2.  Penjualan Marchendaise Resmi Karang Taruna Teratai.
3.  Penjualan Produk Retail.
    1. Warnet Katar :
Untuk Pengunjung di Terapkan aturan berkunjung yakni tidak pada saat jam sekolah khususnya pada pelajar untuk menyikapi hal Negatif maka di buat menjadi Paket yang terdiri :
- Paket Mahasiswa ( pukul : 09:00 Wib s/d 14:00 Wib ) Rp.    1500/jam.
- Paket Pelajar ( pukul 14:00 Wib s/d 18:00 Wib) Rp. 1000/jam.
- Paket Umum ( pukul 19:00 Wib s/d tutup ) Rp. 2000/jam.
- Pelayanan Jasa Katar :
1. Tiket Online
2. PLN Online
3. Toko Online
4. Pulsa Elektronik
5. Foto Copy,  Percetakan dan Advertaising
6. Jasa Pengetikan
    1. Perpustakaan Katar
    2. Ruang Kerja dan Rapat Pengurus
    3. Halaman teras Sekertariat : tempat para pelaku Usaha Kuliner Warga Karang Taruna Teratai

2.                  Sosialisasi, Penyuluhan dan Pelatihan Pada Remaja dan Masyarakat

Sebagai Upaya Karang Taruna Teratai untuk lebih mendekatkan dan memperkenalkan diri kepada Remaja dan masyarakat luas. Fokus utama kegiatan ini adalah menjelaskan kepada masyarakat mengenai apa itu Karang Taruna dan bagaimana kami membantu dalam Pengentasan Masalah sosial di Indonesia selain juga kami akan melakukan penggalangan dana,"  :

a.      Sosialisasi, Penyuluhan dan Pelatihan Kepada Pelajar Disekolah- sekolah
b.      Sosialisasi, Penyuluhan dan Pelatihan Kepada Pemuda di Lingkungan
c.      Sosialisasi, Penyuluhan dan Pelatihan Kepada Kelompok Pengajian dan Perwiritan di Lingkungan
d.      Sosialisasi dan Penyuluhan dengan mengadakan Bazar, Pentas Seni, Perlombaan dan Pameran
e.      Sosialisai melalui Media elektronik dan Cetak serta Marcendaise yang nanti nya juga dapat di gunakan sebagai alat fundraising resmi Karang Taruna Teratai.

3.                  JARINGAN RELAWAN KARANG TARUNA TERATAI

Relawan dalam hal ini dapat di fungsikan dalam Unsur Kepanitian Kegiatan, aksi dan iven yang diadakan Karang Taruna Teratai, namun untuk relawan tingkat sekolah dasar dan menengah lebih di arahkan untuk Kampanye public dan supporter aksi kegiatan yang di laksanakan

4.                  JARINGAN DONATUR DAN MITRA KARANG TARUNA TERATAI

Melalui Jaringan Donatur dan Mitra Karang Taruna Teratai Kelurahan Titipapan  ini pula masyarakat, perusahaan / sponsor dan pemerintah menjadi mitra dan donator dalam membantu Kegiatan dan Program Karang Taruna Teratai. Mereka dapat Memberikan donasi secara langsung maupun pendampingan Program dan sponsor kegiatan.

5.                  Koran KATAR

Sebagai media komunikasi dan sosialisasi pergerakan kegiatan dan perkembangan Karang Taruna Teratai Kelurahan Titipapan, sekaligus sebagai bahan pembelajaran bagi warga karang taruna Teratai dalam hal bidang jurnalistik Media Elektronik dan Media Cetak

E.        Sumber pendanaan.
Program Karang Taruna Teratai  di danai oleh :
1.      Kas Keuangan Karang Taruna Teratai
2.      Bantuan dan Hibah Swasta
3.      Bantuan dan Hibah Pemerintah
4.      Lembaga Keuangan Bank / Koperasi atau sejenisnya
5.      Donatur dan Relawan

Pelaksana Program.
Pengurus dan Divis Bidang Karang Taruna Teratai Kelurahan Titipapan.